Rabu, 01 Oktober 2008

The Role of System Analyst

Hm... Temen-temen pasti udah pernah denger dong yang namanya system analyst? Nah, apa sih itu? Sesuai namanya, ya, penganalisa sistem. Nah, terus apa peranannya di perusahaan? Sekarang gini ya, perusahaan pasti punya sistem dong? Dari jamam perusahaan itu berdiri pasti udah punya sistem. Terus, jaman berubah. Perusahaan mesti ngikutin ga? Ya iyalah, kalo ga, bisa ketinggalan dong.
Nah di sinilah peranan si System Analyst. Kerjaannya kira-kira tuh menganalisa sistem yang sedang dipakai, masih sesuai atau engga. Terus melihat tren dan perkembangan jaman, mencari teknologi yang tepat, dan mengimplementasikannya.
Cuma sampe situ? Ya engga lah. si System Analyst juga harus memastikan kalo sistem baru itu terinstall dengan baik, terus juga harus melatih user-nya atau orang-orangnya untuk menggunakan sistem baru itu. Kalo ga, ga ada yang bisa make dong, namanya juga sistem baru. Terus, mengevaluasinya lagi, untuk memastikan berjalan dengan baik.
Kalo sekarang sih, yang lagi kepake pastinya sistem informasi dengan komputer lah ya. Jadi si System Analyst juga nesti ngerti tuh teknologi komputer. Intinya sih, mesti orang yang kreatif, jago komunikasi, ga konservatif.
Penting banget kan si System Analyst ini? Udah terbukti di perusahaan-perusahaan maju, mereka pasti punya sistem analyst yang baik. Kalo engga, wah, pasti ketinggalan sama yang lain!

3 komentar:

Unknown mengatakan...

Artikelnya jelas banget,,
ngebuat gw bisa ngerti
tentang System Analist,,
Menarik!!!

Genta Sanubari mengatakan...

sis...
mau jd SA????
apa kabar ni mbak PPIC????

Brillie mengatakan...

aku kuliah di jurusan sistem informasi yg nantinya mencetak mahasiswanya menjadi sistem analis yg handal. tapi pada kenyataannya, menjadi sistem analis yg sukses tidaklah mudah. toh akhirnya aku cuma menjadi seorang web master dan copy writing :)