Selasa, 02 Desember 2008

Customer Relationship Management

CRM, hmm, mungkin temen-temen ga pernah denger ya? Tapi kalo customer service, pasti pernah denger dong? Iya, bagian dari suatu perusahaan yang mengurusi hubungan dengan customer atau pembelinya.Nah, divisi itu adalah salah satu bagian dari Customer Relationship Management.
Jadi, Customer Relationship Management adalah pengaturan yang diimplementasikan oleh perusahaan untuk berhubungan dengan pelanggannya. Untuk memudahkan, digunakan software yang dapat mendukung proses ini, diantaranya untuk menyimpan informasi pelanggan, dan sebagainya. Hal ini harus bisadiakses oleh seluruh departemen utnuk menambah pelayanan bagi pelanggan dalam rangka menaikkan penjualan.
Adapun contoh perusahaan software CRM antara lain SAS, Oracle, Salesforce, Amdocs, dan Microsoft.
Nah, salah satu perusahaan yang menerapkan CRM adalah P&G. Taulah ya. Nah, si P&G ini menerapkan i2 Customer Relationship Management untuk mengoptimasikan manajemen pemesanannya.
I2 Technologies, Inc, adalah penyedia solusi supply chain dan marketplace yang cukup memimpin di bidangnya.
P&G membeli komponen dari i2 CRM Solutions yang di dalamnyua termasuk software untuk meng-automasikan dan mengintegrasikan proses manajemen pemasaran untuk meningkatkan pelayanan pelanggan dan efisiensi.
Yah, berharap kalau penggunaan CRM ini bermanfaat terutama bagi kita para konsumen untuk mendapat layanan yang lebih baik lagi.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Data base memang merupakan suatu tools yang sangat penting dan relevan dalam suatu industri. baik Database customer maupun produk, CRM yang baik adalah yang menggabungkan kedua hal tersebut sehingga akan menghasilkan resume dengan pendekatan yang realistis

Sisca Pratiwi mengatakan...

@ Surya
Yup, benar sekali! Terima kasih untuk komentarnya.