Sabtu, 20 September 2008

Electronic Data Interchange di FedEx

Temen-temen tau dong FedEx? Iya, kalo ngirim barang kan sukanya pake FedEx tuh. FedEx emang salah satu perusahaan jasa pengiriman terbesar di dunia. Nah, kebayang ga tiap hari berapa orang yang ngirim pake FedEx? Berapa banyak paket yang tiap hari diterima ama FedEx? Berapa banyak informasi yang diterima dan diproses? Kebayang ga kalo semuanya itu ga beres? Wah, pasti amburadul tuh kiriman kita.
Nah, mkanya si FedEx ini menggunakan teknologi informasi yang oke buat mengelolanya. FYI, FedEx ini perusahaan pengiriman pertama di dunia lho yang mengaplikasikan IT ini. Terus apa yang mereka lakukan? Mereka pake EDI. Apa tuh? Nama manajernya? Ya bukanlah... EDI ini singkatan Electronic Data Interchange, yaitu pengelolaan data secara elektornik.FedEx juga pake jaringan web lho...
Buat apa aja? Sistem ini digunakan untuk berkomunikasi dengan pelanggan, dengan agen, buat jaringan transportasi, mengawasi barang kiriman, dan sebagainya. Banyak banget kan gunanya?EDI ini bekerja dengan sistem standar, sehingga database apapun dapat dibuka dalam satu format dan tidak tumpang tindih. Wah, oke banget deh! Mudah-mudahan perusahaan pengiriman lain juga cepet-cepet menggunakannya deh, biar barang kiriman kita aman. Hehe. Oke2, segini dulu tentang EDI. See ya!

1 komentar:

MarianaDewi mengatakan...

Hohoho..nice posting. blog lu enak sis,,ngalir kyk crita. sip2!