Selasa, 16 September 2008

Knowledge Management di P&G

Siapa yang ga tau P&G? Procter and Gamble, yup. Yah, temen-temen pasti udah sering lah ya pake produknya... P&G merupakan salah satu perusahaan produsen barang rumah tangga yang besar dan mendunia. Produk-produknya meliputi alat mandi, kesehatan, produk wanita, dan banyak lagi...
Nah, temen-temen tau ga kenapa P&G bisa bertahan dan mendunia sampe sekarang? Nah, ternyata kuncinya ada di.... Teng teng teng... KNOWLEDGE MANAGEMENT! Apa itu? Manajemen pengetahuan. Iya, itu diterjemahin. Terus? Apa yah? Pengetahuan manajemenkah? Ternyata sodara-sodara, Manajemen pengetahuan adalah bagaimana mengatur pengetahuan yang dimiliki sehingga bisa dipakai dengan baik dan tidak. Salah satunya lewat pengaturan informasi, penyampaian pengetahuan dari generasi ke generasi, dan sebagainya.
Bagaimana dengn P&G? Ternyata, P&G cukup terbuka untuk menerima perkembangan jaman dan tidak terlalu tertutup seperti dulu. Langkah-langkah yang dilakukan adalah dengan meningkatkan informasi, yaitu:
  • Menentukan orang yang tepat untuk suatu posisi
  • Menciptakan wadah untuk karyawan dari segala pelosok cabang untuk bersosialisasi dan berkomunikasi.
  • Melakukan riset terhadap kesempatan baru yang terbuka di pasar.
Nah, knowledge management ternyata penting banget kan buat suatu perusahaan? Kalo engga bisa ketinggalan jaman dong. Okeh2. Segitu dulu. Be waited for the next post! GBU.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

bener bgt tuh..
stelah gw ikut ni kuliah,
gw baru taw KM tuh penting..

ady....... mengatakan...

siipp tenan mbb...
ak jg ud dpt pelajarana di magelang,di distributorna P&G